Posted by : Agus Siswanto Sabtu, 06 April 2013




 
Visi

Pusat keunggulan Pendidikan Magister di Indonesia dalam pengembangan ilmu dan Keahlian Manajemen Bisnis yang mampu merespon perubahan lingkungan dan persaingan melalui pendekatan pendidikan serta menyiapkan lulusan menjadi inovator dan pemimpin dibidangnya serta mendapatkan  pengakuan internasional.



Misi

  • Menyelenggarakan Pendidikan Magister Manajemen Bisnis yang berorientasi riset selaras dengan perkembangan praktek dan disiplin bisnis
  • Melakukan riset dan kajian bisnis untuk pengembangan kemampuan profesional dalam bidang bisnis
  • Membangun kerjasama dan networking dengan institusi dalam dan luar negeri, dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan magister manajemen bisnis
  • Menyelenggarakan pelatihan, penataran dan pelayanan konsultasi/inkubasi bisnis bagi masyarakat.


KONSENTRASI

  • Manajemen sumber Daya Manusia
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Perpajakan


KURIKULUM


Struktur kurikulum untuk setiap paket pilihan atau konsentrasi terdiri dari mata kuliah landasan keahlian (MKLK) 10 SKS, Mata Kulilah Keahlian Utama Wajib (MKKU Wajib) 15 SKS, Mata Kuliah Keahlian  Utama Pilihan (MKKU Pilihan) 15 SKS, dan Tesis 8 SKS.


http://sps.upi.edu/program-studi-2/magister-manajemen-bisnis/


Fasilitas


Sarana/fasilitas penunjang kegiatan akademik yang tersedia di SPs UPI adalah gedung baru enam lantai dengan fasilitas lift, terdiri atas ruang kantor administrasi, ruang perkuliahan/ujian yang nyaman dilengkapi dengan OHP dan LCD, auditorium, ruang dosen/bimbingan, ruang rapat/diskusi, ruang multimedia, internet access, ruang teleconference, laboratorium komputer, laboratorium olahraga, laboratorium konseling, kantin, dan copy center. Fasilitas tersebut dapat digunakan oleh para mahasiswa, dosen dan pegawai. Berdasarkan prinsip pemanfaatan bersama (resource sharing), untuk kegiatan praktikum, mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di fakultas-fakultas di lingkungan UPI.

Dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan teknologi internet untuk menunjang proses pembelajaran, para mahasiswa dilatih dan didorong untuk mampu mengakses internet dan menggunakan fasilitas e-mail atau forum untuk berkonsultasi dengan dosen, di mana pun mereka berada.

Sejumlah dosen telah mulai memberikan tugas-tugas perkuliahan dengan mengacu kepada alamat-alamat terpilih di websites dan memberikan konsultasi penulisan tesis dan disertasi serta penyerahan tugas perkuliahan melalui e-mail. Para mahasiswa juga bisa mendapatkan informasi atau menggunakan kontak form dari website http://sps.upi.edu.



http://sps.upi.edu/tentang-sps/fasilitas/

WAKTU, BEBAN, DAN BIAYA STUDI


Program Magister (S2)

Masa studi pada dasarnya  direncanakan  4 semester (2 tahun), terdiri atas perkuliahan 3 semester dan penulisan tesis 1 semester, dengan beban studi keseluruhan 50 SKS termasuk penulisan tesis.



Biaya studi bagi Program Magister (S2) adalah sbb. :



SEMESTER
REGULER
NON-REGULER
Ganjil (Smt. I)
Rp. 5.412.500,-
Rp.   7.712.500,-
Genap
Rp. 4.500.000,-
Rp.   6.800.000,-
Jumlah
Rp. 9.912.500,-
Rp. 14.512.500,-


Biaya Pendaftaran:

Biaya pendaftaran dan seleksi masuk, disetorkan melalui BNI Cabang UPI pada rekening UPI PT BHMN No. 22510347, dengan rincian sebagai berikut:

NO.
URAIAN
MAGISTER (S2)
DOKTOR (S3)
1
Biaya Pendaftaran
Rp. 250.000,-
Rp. 250.000,-
2
Biaya Tes Seleksi Masuk
Rp. 350.000,-
Rp. 400.000,-
JUMLAH
Rp. 600.000,-
Rp. 650.000,-


PERSYARATAN 

Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa Program Magister (S2) dan Doktor (S3), calon harus memenuhi persyaratan
sebagai berikut.

  1. Berijazah Sarjana (S1) Negeri atau PTS yang terakreditasi dengan Indeks Prestasi ≥ 2.75 untuk Program Magister (S2); dan Berijazah Magister/Master (S2) Negeri atau PTS terakreditasi  dengan Indeks Prestasi ≥ 3,00 untuk Program Doktor (S3). Ijazah dari perguruan tinggi di luar negeri harus dilegalisasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional.
  2. Mengisi Formulir pendaftaran dengan dilampiri : 

  •  Fotokopi Ijazah dan Transkrip Pendidikan terakhir. (untuk S3 fotokopi

ijazah dan transkrip S1 dan S2)

  • Rekomendasi akademik dari dua dosen pembimbing.
  • Pernyataan Penugasan / Izin atasan tempat kerja (bagi yang sudah bekerja)
  • Rencana penelitian yang akan dilakukan (hanya untuk S3).
  • Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 3 (tiga) buah.
  • Tanda bukti pembayaran biaya pendaftaran dan seleksi masuk.

TAMBAHAN KELENGKAPAN BAGI PEMOHON BEASISWA BPPS

  • Fotokopi SK pengangkatan pegawai pertama dan terakhir
  • SK atau Rekomendasi dari Kopertis tentang Status Dosen Tetap Yayasan
  • Fotokopi NIP/Karpeg/NIDN
  • SK Angka Kredit/Jabatan Akademik dosen yang dicapai dari Pimpinan Perguruan Tinggi asal/Kopertis



PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Menyetorkan biaya pendaftaran dan seleksi masuk melalui BNI Cabang UPI pada rekening UPI PT BHMN No. 22510347.
  2. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di SPs UPI setelah menyetorkan biaya pendaftaran atau dapat di unduh melalui website  http://sps.upi.edu
  3. Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dan dilampiri dengan persyaratan-persyaratan yang telah  ditentukan sesuai dengan jenjang pendidikan yang akan diikuti.
  4. Pendaftaran ditujukan kepada Rektor Universitas Pendidikan Indonesia melalui Ketua Panitia Penerimaan Calon Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan alamat:



                 Sekolah Pascasarjana

                Universitas Pendidikan Indonesia

                Jl. Dr. Setiabudi No. 229 Bandung 40154

                Telepon: 022-2001197; Fax.: 022-2005090

                e-mail : pascasarjana@upi.edu

                website : http://sps.upi.edu


PELAKSANAAN TES SELEKSI MASUK

  1. Materi tes terdiri atas: Tes Potensi Akademik (120 menit), serta Tes Bahasa Inggris (90 menit).
  2. Wawancara : S2 Khusus Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Arab; S3 semua Program Studi.
  3. Pada pelaksanaan tes peserta membawa pensil 2B dan penghapusnya.
  4. Tes seleksi dilaksanakan  pada tanggal 15 – 16 Mei 2013  di Gedung SPs UPI.
  5. Apabila di suatu tempat, pendaftar mencapai jumlah tertentu (misalnya 15 orang peserta atau jumlah yang disepakati), SPs UPI bersedia datang untuk melaksanakan tes di tempat tersebut berdasarkan permohonan. Biaya perjalanan, akomodasi pelaksana tes, dan penyelenggaraan ditanggung oleh peserta tes atau pemohon.



KEGIATAN PRA PERKULIAHAN


Kegiatan Pra Perkuliahan wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru S2 dan S3. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan landasan dan bekal awal kepada para mahasiswa baru untuk menempuh perkuliahan dan mengerjakan tugas-tugas akademik pada program studi yang menjadi pilihannya dan/atau tempat yang bersangkutan diterima di program S2 dan S3. Materi yang diberikan antara lain: Prinsip-prinsip dasar program studi, dan ketentuan kelembagaan.


SKOR TOEFL


Untuk mengikuti pendidikan setiap mahasiswa harus memiliki kemahiran berbahasa Inggris atau bahasa Internasional lainnya, yang dibuktikan dengan skor hasil tes bahasa Inggris sebagai berikut.


Jenjang Pendidikan
Skor Minimal Yang Harus Dicapai
Tes Seleksi UPI
TOEFL
IELTS
Magister (S2)
40
450*
4.5
Doktor (S3)
45
475*
5.0
Prodi Pend. Inggris
50
550*
6



FASILITAS


Gedung baru enam lantai dengan fasilitas lift, terdiri atas ruang kuliah yang nyaman dilengkapi dengan multimedia  proyektor dan OHP, auditorium, ruang dosen/bimbingan, ruang rapat/diskusi, ruang  multimedia, internet access, ruang teleconference, laboratorium komputer, laboratorium olahraga, laboratorium konseling, dan kantin.


BEASISWA


Tersedia Beasiswa Pendidikan Pascasarjana (BPPS) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bagi dosen di lingkungan Kemdikbud yang berstatus PNS atau dosen tetap yayasan yang bukan PNS di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah dan memenuhi syarat. Bagi pemohon beasiswa BPPS, mengisi formulir permohonan BPPS dan melampirkan:

1. Surat Penetapan Angka Kredit yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud.

2. SK Kepangkatan terakhir atau SK pengangkatan sebagai dosen tetap

Yayasan.

3. Surat permohonan dari pimpinan PT ybs. kepada Direktur SPs untuk diajukan

sebagai mahasiswa Penerima BPPS.

4. Surat pernyataan penugasan (tersedia dalam formulir pendaftaran).

5. Mendaftarkan diri secara online melalui laman :

http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/


PIMPINAN SPs UPI
 
Direktur                             
Prof. Dr. Didi Suryadi, M.Ed


Asisten Direktur I    
Dr. M. Solehuddin, M.Pd., M.A


Asisten Direktur II            
Prof. Dr. Agus Rahayu M.P.




http://sps.upi.edu/2012/02/informasi-pendaftaran-sekolah-pascasarjana-upi-semester-genap-tahun-akademik-20102011/




Lokasi

SPS UPI menempati gedung berlantai tiga di kampus UPI, bersebelahan dengan gedung baru FPOK, FP-MIPA, FIP dan Perpustakaan Pusat. Dan pada akhir bulan September 2007, sebagian perkuliahan sudah menggunakan fasilitas gedung baru yang terletak di depan BAAK, samping poliklinik UPI, gedung Balai Pertemuan Upi dan masjid Al-Furqan.


http://sps.upi.edu/tentang-sps/lokasi/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Selamat Datang

Popular Post

- Copyright © [BUKAN] Informasi Teknologi -LP3I Cirebon- Powered by Office Management 2 - Designed by Agus Siswanto -